Cara Membuat Sensor Cahaya Sederhana



Rangkaian Sensor cahaya banyak ditemukan pada lampu jalan atau lampu yang berada diarea tempat umum dan taman terbuka. Komponen yang utama dalam rangkaian ini adalah LDR ( Light Dependent Resistor). LDR termasuk keluarga Resistor, pada rangkaian ini LDR cara kerjanya dipengaruhi oleh cahaya yaitu jika dalam keadaan gelap (tidak terkena cahaya) maka nilai hambatannya sangat besar sedangkan bila keadaan terang (Terkena cahaya) maka nilai hambatannya kecil. Berikut ini Contoh rangkaian Sensor cahaya sederhana:

Sebelum membuat jalur layout pada PCB kalian harus mengetahui rangkaiannya terlebih dahulu dibawah ini gambar :
Cara membuat sensor cahaya:
1. Siapkan bahan- bahan dan alat yang dibutuhkan, seperti:
a. PCB
b. 4 buah dioda  (1n 4007)
c. 1 buah resistor nilai hambatannya disesuaikan dengan kebutuhannya, jika menggunakan input yang berasal dari listrik PLN, resistor yang harus dipakai berkisaran sampai MΩ dan jika menggunakan arus listrik dari baterai nilainya berkisar KΩ.
d. 1 SCR atau Thyristor (FIR 3D)
e. Solder
f. Tinol atau kawat timah dan atraktor (pembersih solderan)
g. Pelarut PCB FeCl3 (Ferriclorida)
h. Autan atau lotion obat nyamuk
2. Buat jalur layot dan tata letak.
Jalur layout

Tata letak

Dari gambar diatas saya membuat rangkaian layout dengan software pcb wizard. Pada software ini kita dapat membuat layout dengan mudah. Jika ingin download saya kasih linknya dibawah ini :
https://download.informer.com/win-1193077514-73b109e5-6bd533da/pw36d_st.exe
 Cara pemasangan :
1. Pastikan anda sudah download melalui link diatas.
2. Setelah didownload cari berkas apknya.
3. Instal apknya dan jalankan softwarenya.

3. Print out layout tersebut dan tempelkan gambar layout ke PCB. Selain di print juga bisa menggunakan spidol yaitu dengan menggambar jalur ke PCB. Setelah itu Lapisi kertas dengan plastik, jika menggunakan spidol tidak usah dilapisi.

4. Lotion obat nyamuk atau autan ke bagian yang dilapisi plastik tebal agar gambar yang dikertas dapat mengecap ke PCB. Jika menggunakan spidol tidak perlu dioleskan lotion.

5. Isilah air ke dalam sebuah wadah apa saja lalu masukan Fe C13. Setelah dicampurkan sampai larut tarolah PCB tersebut ke dalam wadah yang sudah dilarutkan lalu goyang-goyangkan sampai jalurnya kelihatan.

6. Lubangi PCB yang digunakan untuk memasukan kaki komponen dengan bor mini.Saat melubangi harus berhati-hati dan lubangnya harus rapi

7. Tempatkan komponen tersebut sesuai tata letak agar tidak salah memasangnya. Pada dioda pemasangannya tidak boleh terbalik antara anoda dan katoda, Pada resistor bebas pemasangannya, dan pada SCR harus tidak terbalik pemasangannya sesuai dengan tata letak yaitu K,A,G. Pasang 4 buah kabel yang terbagi di input dan output.

8. Solder rangkaian tersebut dengan rapih.

9. Setelah disolder cek rangkaian tersebut dengan Multimeter untuk memeriksa rangkaian tersebut .

10. Setelah dicek dengan multimeter cobalah rangkaian itu, Karena saya menggunakan resistor yang nilainya hambatannya besar maka saya menggunakan arus  listrik PLN untuk mencobanya dan outputnya menggunakan lampu LED.

Komentar